Penjelasan Audit IT pada Domain EDM, APO, BAI, DSS, MEA
1.
EDM
(Evaluate, Direct, and Monitor)
Proses
tata kelola ini berurusan dengan tujuan tata pemangku kepentingan dalam
melakukan penilaian, optimasi risiko dan sumber daya, mencakup praktek dan
kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi pilihan strategis, memberikan arahan
kepada TI dan pemantauan hasilnya. Berikut domain proses EDM:
a)
EDM01 Ensure
Governance Framework Setting and Maintenance (Memastikan Pengaturan dan
Pemeliharaan Kerangka Tata Kelola)
b)
EDM02 Ensure
Benefits Delivery (Memastikan Memberi Manfaat)
c)
EDM03 Ensure
Risk Optimisation (Memastikan Pengoptimalan Risiko)
d)
EDM04 Ensure
Resource Optimisation (Memastikan Pengoptimalan Sumber Daya)
e)
EDM05 Ensure
Stakeholder Transparency (Memastikan Transparansi Pemangku Kepentingan)
2.
APO
(Align, Plan, and Organise)
Memberikan
arah untuk pengiriman solusi (BAI) dan penyediaan layanan dan dukungan (DSS).
Domain ini mencakup strategi dan taktik, dan mengidentifikasi kekhawatiran cara
terbaik TI agar dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan bisnis. Realisasi
visi strategis perlu direncanakan, dikomunikasikan dan dikelola untuk
perspektif yang berbeda. Sebuah organisasi yang tepat, serta infrastruktur
teknologi, harus dimasukkan ke dalam tempatnya. Berikut domain proses APO:
a)
APO01 Manage
The IT Management Framework (Mengelola Kerangka Manajemen TI)
b)
APO02 Manage
Strategy (Mengelola Strategi)
c)
APO03 Manage
Enterprise Architecture (Mengelola Arsitektur Bisnis)APO04 Manage
Innovation (Mengelola Perubahan)
d)
APO05 Manage
Portfolio (Mengelola Dokumen)
e)
APO06 Manage
Budget and Costs (Mengelola Anggaran dan Biaya)
f)
APO07 Manage
Human Resources (Mengelola Sumber Daya Manusia)
g)
APO08 Manage
Relationships (Mengelola Relasi)
h)
APO09 Manage
Service Agreements (Mengelola Perjanjian Layanan)
i)
APO10 Manage
Suppliers (Mengelola Pemasok)
j)
APO11 Manage
Quality (Mengelola Kualitas)
k)
APO12 Manage
Risk (Mengelola Risiko)
l)
APO13 Manage
Security (Mengelola Keamanan)
3.
BAI
(Build, Acquire, and Implement)
Memberikan
solusi dan melewatinya sehingga akan berubah menjadi layanan. Untuk mewujudkan
strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dikembangkan atau diperoleh, serta
diimplementasikan dan terintegrasi ke dalam proses bisnis. Perubahan dan
pemeliharaan sistem yang ada juga dicakup oleh domain ini, untuk memastikan
bahwa solusi terus memenuhi tujuan bisnis. Berikut domain proses BAI:
a)
BAI01 Manage
Programmes and Project (Mengelola Program Dan Proyek)
b)
BAI02 Manage
Requirements Definition (Mengelola Definisi Persyaratan)
c)
BAI03 Manage
Solutions Identification and Build (Mengelola Identifikasi Solusi dan
Pembangunan)
d)
BAI04 Manage
Availability and Capacity (Mengelola Ketersediaan dan Kapasitas)
e)
BAI05 Manage
Organisational Change Enablement (Mengelola Pemberdayaan Organisasi
Perubahan)
f)
BAI06 Manage
Changes (Mengelola Perubahan)
g)
BAI07 Manage
Change Acceptance and Transitioning (Mengelola Penerimaan Perubahan dan
Transisi)
h)
BAI08 Manage
Knowledge (Mengelola Pengetahuan)
i)
BAI09 Manage
Assets (Mengelola Kepemilikan)
j)
BAI10 Manage
Configuration (Mengelola Susunan)
4.
DSS
(Deliver, Service, and Support)
Menerima
solusi dan dapat digunakan bagi pengguna akhir. Domain ini berkaitan dengan
pengiriman aktual dan dukungan layanan yang dibutuhkan, yang meliputi
pelayanan, pengelolaan keamanan dan kelangsungan, dukungan layanan bagi
pengguna, dan manajemen data dan fasilitas operasional. Berikut domain proses
DSS:
a)
DSS01 Manage
Operations (Mengelola Operasi)
b)
DSS02 Manage
Service Requests and Incidents (Mengelola Layanan Permohonan dan
Kecelakaan)
c)
DSS03 Manage
Problems (Mengelola Masalah)
d)
DSS04 Manage
Continuity (Mengelola Keberlangsungan)
e)
DSS05 Manage
Security Services (Mengelola Jasa Keamanan)
f)
DSS06 Manage
Business Process Controls (Mengelola Kontrol Proses Bisnis)
5.
MEA
(Monitor, Evaluate, and Assess)
Monitor
semua proses untuk memastikan bahwa arah yang disediakan diikuti. Semua proses
TI perlu dinilai secara teratur dari waktu ke waktu untuk mengontrol kualitas
dan kepatuhan mereka. Domain ini tertuju pada manajemen kinerja, pemantauan
pengendalian internal, kepatuhan terhadap peraturan dan tata kelola. Berikut
domain proses MEA:
a)
MEA01 Monitor,
Evaluate and Assess Performance and Conformance (Memantau, Evaluasi dan
Menilai Kinerja Dan Penyesuaian)
b)
MEA02 Monitor,
Evaluate and Assess The System of Internal Control (Memantau, Evaluasi dan
Menilai Sistem Pengendalian Internal)
c)
MEA03 Monitor,
Evaluate and Assess Compliance with External Requirements (Memantau,
Evaluasi dan Menilai Kepatuhan dengan Persyaratan Eksternal)
Komentar
Posting Komentar