TULISAN PERBANDINGAN PROSESOR INTEL & AMD


JUDUL
PERBANDINGAN PROSESOR (INTEL VS AMD)



ABSTRAK
Pembuatan video blog atau vlog ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perbandingan antara prosesor intel dan prosesor amd yang sudah banyak dijual dipasaran. Didalamnya terdapat sejarah serta kelebihan dan kekurangan yang berguna untuk mengetahui antara keduanya.



PENDAHULUAN
Latar belakang pembuatan vlog ini adalah karena banyak computer atau laptop yang menggunakan kedua prosesor tersebut. Atas hal tersebut kami membuat perbandingan antara keduanya supaya dapat mengetahui mana yang lebih baik dan mana yang tidak.
Kami harap vlog ini bermanfaat untuk konsumen yang bimbang atau awam memilih prosesor mana yang akan dibeli dengan menjabarkan perbandingan antara keduanya melalui video.



ISI
·       Pengertian Processor
Processor merupakan kompoen utama dalam rangkaian komputer, tanpa alat ini komputer tidak akan bisa menjalankan tugasnya. Processor ini bisa dibilang sebagai otak komputer dan berfungsi untuk menjalankan tugas - tugas yang diberikan oleh user. Letak processor ini berada di Motherboard dimana processor ini memiliki tiga jenis atau tiga bagian dari processor, yang pertama adalah ALU, ALU (Arithmatics Logic Unit) melakukan perhutingan algortima, yang kedua adalah CU (Control Unit) dimana mengatur lalu lintas yang masuk, seperti Input/Output dan yang ketiga adalah MU (Memory Unit) memiliki memory yang kecil tapi memiliki akses atau kecepatan data yang tinggi.



·       Sejarah Perkembangan Intel
Intel Corporation didirikan Tahun 1968 oleh sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan in!duk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi asemikonduktor, termasuk MEMS. Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Tanpa processor komputer hanyalah sebuah mesin dungu yang tak bisa apa-apa. Processor yang kita pakai saat ini sudah sangat cepat sekali. Tentu saja untuk mencapai kecepatan sampai saat ini processor tersebut mengalami perkembangan Processor yang dikeluarkan oleh intel terbagi menjadi beberapa generasi.



·       Sejarah Perkembangan AMD
AMD-K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua Motherboard yang mendukung Intel, setelah AMD-K5 processor AMD-K6 merupakan processor generasi keenam dengan performa tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yang mendukung intel Pentium. AMD Duron merupakan produk processor versi murah yang dikenal pada tahun 2000. Setelah AMD Duron adalah AMD Athlon merupakan pengganti dari mikorproseror seri AMD-K6. Setelah AMD Athlon terdapat AMD Athlon 64 dan AMD Sempron, processor ini adalah sebuah jejaran yang dikenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti processor AMD Duron.



·       Perbandingan Intel & AMD
Prosesor dari intel memiliki tipe yang cukup beragam, diantaranya adalah Intel Core i9 Socket LGA 2066, Intel Core i7 Socket LGA 2066, Intel Core i5 Socket LGA 2066, Core i3 Socket LGA 1551 dan Intel Pentium Socket LGA 1150. Sedangkan AMD tidak kalah menarik dengan Intel, AMD juga mempunyai beberapa jenis processor seperti AMD Socket TR4, Processor AMD Socket Am4, Processor AMD Socket AM3 dan masih banyak lainnya.



·       Kelebihan dan Kekurangan Intel & AMD
Kelebihan Intel adalah ia bekerja secara Single Core, misalkan sebuah pekerjaan bisa dilakukan oleh satu orang, maka Intel dapat melakukan tugas itu dengan sendiri. Kekurangan Intel adalah harga yang cukup mahal untuk membeli produk tersebut dan kinerji yang sangat kurang karena hanya dapat bekerja secara Single Core.
Kelebihan AMD adalah Multicore, jika Intel dapat bekerja dengan hanya satu tugas maka Core AMD dapat bekerja secara bersamaan. Kekurangan AMD adalah daya yang harus digunakan untuk menjalankan processor AMD harus sangat besar maka sangat boros daya.



PENUTUP
Kesimpulannya adalah bahwa antara prosesor intel dan amd mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Intel dengan single corenya dan amd dengan multi corenya. Keduanya mempunyai kemampuan dalam bidangnya masing-masing. Seperti amd yang kebanyakan dipakai untuk gaming dan intel yang dipakai untuk multitasking.



REFERENSI
Rezasptra.blogspot.com
Dityariyadi23.blogspot.com
Sodagarkomputer.com
Billy-anjaka.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer