Jenis – Jenis Audit


Pada kali ini akan dijelaskan tentang jenis – jenis audit berdasarkan bidang pemeriksaan:

  • Audit sistem informasi (Information System Auditing) yaitu pemeriksaan yang mengatur pengembangan, pengoperasian, dan keamanan sistem aplikasi dalam lingkungan tertentu. Jenis audit ini melibatkan pusat data, sistem operasi, dan perangkat lunak yang digunakan.
  • Audit kecurangan (Fraud Auditing) yaitu pemeriksaan untuk mendeteksi dan mencegah kecurangan dalam transaksi – transaksi komersial. Untuk melakukan audit kecurangan dibutuhkan auditor yang mempunyai gabungan keterampilan yaitu sebagai auditor yang terlatih dan kriminal investigator.
  • Audit internal (Intern Auditing) yaitu suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasi suatu perusahaan, termasuk kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional yang telah ditetapkan oleh manajemen dengan maksud untuk mengetahui apakah kegiatan operasi telah dilakukan secara efektif, efisien dan ekonomis.
  • Audit eksternal (Ekstern Auditing) yaitu pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak ke tiga diluar struktur perusahaan yang dapat mengaudit secara independent dan objektif. Umumnya audit eksternal menghasilkan laporan financial auditing.
  • Audit keuangan (Financial Auditing) yaitu pemeriksaan atas kelayakan penyajian laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen. Pemeriksaan ini harus dilaksanakan secara detail dengan dilakukan sesuai dengan norma dan prosedur pemeriksaan audit.

Komentar

Postingan Populer